• Posted by : diana Kamis, 10 Oktober 2019

    Materi PTI Dasar UNIB





    PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI

    Pengertian PTI
                       Teknologi berasal dari bahasa yunani yaitu : teknos & logos suatu alat yang diciptakan oleh manusia yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia.
    “ hasil perkembangan dari ilmu pengetahuan yang ada “
                       Pengertian Teknologi Informasi (TI) TI adalah istilah terhadap berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan dalam pembentukan, penyimpanan, dan penyebaran informasi.
          Perlunya Teknologi Informasi, karena:
         Kompleksitas tugas manajemen
         Pengaruh globalisasi
         Perlunya response time cepat
         Tekanan persaingan bisnis
          Sistem Informasi
    Pengertian : system yang menggunakan Teknologi computer untuk mengumpulkan,memproses, menyimpan, menganalisis dan menyebarkan informasi.
          Sistem Informasi
         Data : fakta mentah.
         Informasi : data  yang telah diorganisir sehingga memberi arti.
         Pengetahuan :informasi yang diproses sehingga memberikan pembelajaran, pemahaman untuk dapat diaplikasikan.
          Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System(CBIS)
    Sistem Informasi yang menggunakan komputer dan teknologi komunikasi untuk melakukan tugas-tugas yang diinginkan.
          Infrastruktur  Informasi
         Perangkat Keras (Hardware)
         Perangkat Lunak (Software)
         Jaringan dan Komunikasi
         Basis Data (Database)
         Information Management Personnel
          Arsitektur Informasi
         Perencanaan terhadap kebutuhan informasi
          Kemampuan Sistem Informasi
         Proses transaksi cepat dan akurat
         Kapasitas penyimpanan besar dan akses cepat
         Komunikasi cepat, dll.
          Tujuan Teknologi Informasi
         Memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektivitas dan efisiensi.
          Prinsip Teknologi Informasi
         High-Tech-High-Touch
          Fungsi Teknologi Informasi
         Menangkap (Capture), Mengolah (Processing), Menghasilkan (Generating), Menyimpan (Storage), Mencari Kembali (Retrieval), Melakukan Transmisi(Transmission).
          Keuntungan Teknologi Informasi
         Speed, Consistency, Precision, Reliability
          Teknologi Informasi dalam Berbagai Bidang
         Akuntansi, Finance, Marketing, Produksi atau Manajemen Produksi, Manajemen Sumber Daya Manusia

                                                                       KOMUNIKASI
                  Kata atau istilah komunikasi (dari bahasa Inggris “communication”),secara etimologis atau menurut asal katanya adalah dari bahasa Latin communicatus, dan perkataan ini bersumber pada kata communis Dalam kata communis ini memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna.
                  Komunikasi secara terminologis merujuk pada adanya proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Jadi dalam pengertian ini yang terlibat dalam komunikasi adalah manusia. Karena itu merujuk pada pengertian Ruben dan Steward(1998:16) mengenai komunikasi manusia yaitu:
    Human communication is the process through which individuals –in relationships, group, organizations and societies—respond to and create messages to adapt to the environment and one another. Bahwa komunikasi manusia adalah proses yang melibatkan individu-individu dalam suatu hubungan, kelompok, organisasi dan masyarakat yang merespon dan menciptakan pesan untuk beradaptasi dengan lingkungan satu sama lain.
                  Untuk memahami pengertian komunikasi tersebut sehingga dapat dilancarkan secara efektif dalam Effendy(1994:10) bahwa para peminat komunikasi sering kali mengutip paradigma yang dikemukakan oleh Harold Lasswell dalam karyanya, The Structure and Function of Communication in Society. Lasswell mengatakan bahwa cara yang baik untuk untuk menjelaskan komunikasi ialah dengan menjawab pertanyaan sebagai berikut: Who Says What In Which Channel To Whom With What Effect?
                  Paradigma Lasswell di atas menunjukkan bahwa komunikasi meliputi lima unsur sebagai jawaban dari pertanyaan yang diajukan itu,yaitu:
          Komunikator (siapa yang mengatakan?)
          Pesan (mengatakan apa?)
          Media (melalui saluran/ channel/media apa?)
          Komunikan (kepada siapa?)
          Efek (dengan dampak/efek apa?).
                  Jadi berdasarkan paradigma Lasswell tersebut, secara sederhana proses komunikasi adalah pihak komunikator membentuk (encode) pesan dan menyampaikannya melalui suatu saluran tertentu kepada pihak penerima yang menimbulkan efek tertentu.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © PENGALAMAN BERPROSES - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -